Cara mengatasi Trouble pada mesin chiller

18 Desember 2018 11:11 | dibaca 19 kali

Bagaimana cara mengatasi bila terjadi Troubleshooting pada mesin chiller Anda?. Setiap mesin pasti pernah mengalami trouble, baik pada control mesin maupun pada komponen-komponen penyusunnya. Trouble yang muncul kemungkinan disebabkan oleh beberapa faktor, misalnya kurangnya perawatan terhadap mesin, penyimpangan penggunaan, atau settingan mesin yang kurang sesuai dengan efekifitas kinerja mesin. Oleh karena itu, tindakan agresif dari personil maintenance sangat dibutuhkan dalam menangani trouble mesin.

Trouble yang terjadi pada mesin chiller bermacam-macam. Tidak hanya pada control mesin, namun juga pada komponen chiller. Untuk mengetahui adanya trouble pada mesin, maka pada display chiller ditambahkan indikator. Indikator akan menyala jika terjadi trouble.

Berikut akan dijelaskan beberapa trouble yang kemungkinan terjadi sekaligus cara penanganannya.

Freon Shortage dan Cooling shortage
Freon Shortage merupakan suatu trouble yang disebabkan oleh kurangnya Freon pada chiller. Namun hal ini sangat jarang terjadi. Untuk mengatasinya kita dapat menekan tombol reset pada panel chiller. Jika compressor belum juga aktif segera tambah Freon. Untuk menambah Freon, chiller harus dimatikan terlebih dahulu. Setelah chiller mati, buka penutup saluran pengisian Freon, kemudian tambahkan Freon menggunakan analiser. Perhatikan pula low pressure dan high pressure. Jika sudah berada pada kondisi yang normal, segera tutup kembali dan lakukan running test. Ukur arus compressor, perhatikan arus tersebut dengan standar maksimal ampere. Jika masih kurang dari standar, tambah Freon lagi.

Untuk Cooling shortage cara penanganannya hanya dengan menekan tombol reset pada panel. Trouble ini disebabkan karena proses pendinginan pada condenser. Biasanya terjadi ketika chiller dinyalakan sebelum pompa cooling tower dihidupkan, sehingga proses pendinginannya terlambat.

Pump Overload
Pump overload merupakan sebuah trouble yang terjadi pada pompa sirkulasi icy water. Pompa ini tidak dapat memompa air menuju chiller karena beban yang berlebih. Untuk mengatasinya kita dapat memberikan pancingan pada pompa tersebut. Pancingan dengan air ini akan mencairkan es yang membeku di dalam evaporator dan pipanya. Kebekuan ini disebabkan compressor chiller yang terus bekerja tanpa ada air yang akan didinginkan. Satu hal yang penting, ketika indikator trouble ini menyala, segera matikan chiller. Hal ini untuk meminimalisir kebekuan di dalam evaporator dan menjaga keawetan komponen-komponen chiller.

Defective heat dissipating
Trouble ini merupakan sebuah permasalahan yang terjadi pada temperature chiller. Temperatur chiller berada di atas batas normal. Trouble ini disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya :
Tidak ada suplay cooling water dari cooling tower;
Tidak adanya suplay air ini kemungkinkan pompanya belum dihidupkan. Untuk itu, kita perlu menghidupkan pompa ini sesegera mungkin.
Temperatur air pendingin condensor dari cooling tower terlalu tinggi
Temperatur yang terlalu tinggi menyebabkan temperature condenser menjadi tinggi pula. Condensor yang terlalu panas menyebabkan kinerja condenser tidak optimal. Untuk itu, perlu ditambahkan pendinginan pada air cooling tower.
Condensor terlalu kotor
Condensor yang kotor disebabkan karena kerak dan kotoran pada cooling tower. Kotoran yang terlalu menggumpal dan mengendap menyebabkan air suplay cooling tower terhambat, sehingga pendinginan condenser terganggu.
Insufficient Refrigerant
Trouble ini merupakan permasalahan mengenai kebocoran Freon. Kebocoran ini biasanya terletak pada pipa selongsong yang menghubungkan compressor dengan komponen chiller lainnya. Jika Freon terus terbuang, maka pressure akan hilang dan compressor akan berhenti bekerja.
Untuk menanganinya, cara yang harus di tempuh ialah dengan menutup kebocoran tersebut. Awalnya, cari letak kebocoran tersebut dengan air sabun. Oleskan air sabun pada seluruh lapisan pipa. Setelah beberapa saat, akan terdapat gelembung udara yang keluar. Letak gelembung tersebut merupakan letak kebocoran Freon. Setelah mengetahui letak kebocoran, maka matikan chiller tersebut. Selanjutnya buang semua Freon yang tersisa di dalam chiller dengan mesin vacuum. Kemudian tutup kebocoran Freon tersebut dengan cara di las. Setelah kebocoran tertutup, lalu isi Freon sesuai dengan kebutuhan. Perhatikan pressure pada pressure gauge. Setelah cukup, lakukan running test. Ukur arus compressor chiller, sesuaikan dengan standar penggunaan. Jika masih kurang, tambah Freon lagi. Perhatikan pula suara compressor. Jika suaranya kasar, maka segera tambah oli.
Compressor Overload
Compressor overload merupakan sebuah trouble yang terjadi pada compressor. Compressor ini tidak bekerja diakibatkan oleh beberapa hal,diantaranya adalah jumlah kapasitas Freon di dalam chiller. Kapasitas Freon yang tidak sesuai dengan tingkat efektivitas kinerja chiller akan membuat compressor sebagai sarana pengalir Freon akan bekerja terlalu berat. Jika Freon kurang dari standard, maka pendinginan pada evaporator kurang maksimal, sehingga temperature icy water menjadi lebih besar. Jika Freon terlalu banyak, maka compressor akan bekerja ekstra berat. Selain itu, hal ini juga dapat menyebabkan freezing pada evaporator. Jika compressor terus bekerja berat, maka kemungkinan motor compressor terbakar bisa saja terjadi. Jika motor compressor terbakar, perlu dilakukan penggantian compressor.
Untuk itu, penanganan trouble ini dapat dilakukaan dengan cara berikut ini :
Tekan tombol reset pada overload contactor.
Jika compressor dapat bekerja aktif, ukur arus compressor tersebut.
Periksa pula pressure pada display chiller.
Jika arus compressor tidak normal, maka segera lakukan pengisian atau pembuangan Freon. Sesuaikan dengan standarnya.
Mesin-mesin Pendukung Chiller
Pompa Sirkulasi icy water
Pompa sirkulasi merupakan sebuah alat atau mesin yang digunakan untuk mengalirkan air dari suatu tempat ke tempat lain. Pompa sirkulasi ini bekerja dengan cara menyedot air dari suatu bak kemudian dialirkan menuju tempat yang akan menampung air tersebut.
Pada system kerja chiller, mesin ini digunakan untuk mensirkulasikan icy water dari water tank menuju evaporator chiller kemudian kembali ke water tank. Pompa sirkulasi ini tersusun atas beberapa komponen di dalamnya, seperti halnya motor 3 phase, couple, bearing, serta piringan pompa untuk mengangkat air ke atas.
Sistem kerjanya adalah sebagai berikut, motor 3 phase dihidupkan dengan tegangan 380 V, kemudian as motor akan ikut berputar dan memutar couple yang menghubungkan motor dengan as pada pompanya. Pada as tersebut dipasang bearing dan piringan pada ujungnya. Kemudian putaran pompa akan menyedot air dari water tank. Ketika air masuk dalam piringan ,air akan terdorong ke atas sesuai dengan arah putaran. Output pada pompa dipasang dengan pipa yang akan menghubungkan inlet pada evaporator.
Pompa air Cooling Tower
Pompa Air Cooling Tower adalah mesin pompa yang bekerja untuk mengalirkan air dari cooling tower menuju mesin-mesin yang membutuhkan system pendinginan. Pompa ini tersusun seperti halnya pompa sirkulasi diatas. Bagian-bagiannya sama, hanya ukurannya lebih besar. Yang membedakan ialah kapasitas muatan, daya dan ukurannya. Untuk pompa ini, dayanya lebih besar daripada pompa sirkulasi. Untuk penggunaan dalam chiller, pompa ini bekerja dengan mengalirkan cooling water dari cooling tower menuju condenser chiller untuk proses pendinginan Freon. Outlet dari condenser akan kembali menuju cooling tower.
Pompa Air Cooling Tower
Pompa dilengkapi dengan ball valve untuk membuka atau menutup saluran pipa. Ball Valve ini dipasang di 2 bagian dari masing-masing pompa. Satu buah dipasang di bagian pipa input dari pompa ( bagian penyedot air ) dan satu lagi di bagian pipa output pompa ( bagian pendistribusi air ). Untuk ball valve di bagian pipa input, penyettingan nya sangat berpengaruh dengan besar arus pada motor pompa. Semakin lebar saluran input yang dibuka, maka semakin besar pula arus motor pompa, begitu juga sebaliknya.
3. Cooling Tower
Cooling Tower adalah sebuah mesin yang berfungsi untuk mendinginkan cooling water. Mesin ini berbentuk seperti sebuah bak besar penampung air. Mesin ini tersusun dari beberapa bagian, diantaranya motor kipas, kipas pendingin, sprinkle dan pipa, serta saringan. Di bagian bawah dipasang lubang inlet dan outlet untuk pompa air cooling tower.
System kerjanya ialah pompa air cooling tower harus dihidupkan terlebih dahulu. Setelah air tersirkulasi maka tekanan dari air tersebut akan memutar sprinkle yang terdapat pada bagian atas cooling tower. Sprinkle tersebut dihubungkan dengan pipa yang berlubang-lubang sehinggga air keluar menuju ke bak di bagian bawah. Air yang tertampung di bak bawah kemudian dipompa lagi dan terus tersirkulasi seperti proses tersebut. Fungsi dari kipas tersebut adalah untuk mendinginkan cooling water. Motor cooling tower dihidupkan, maka as yang terhubung pada blade kipas juga akan memutar.


Cukup sekian info tentang 'Cara Mengatasi Trouble pada Mesin Chiller', Semoga bermanfaat dan Selamat Mencoba :)


Nah.. bila anda tidak dapat mengatasi sendiri trouble pada Chiller anda, Anda juga bisa kok menghubungi penyedia jasa perbaikan Chiller. Anugerah Teknik Abadi merupakan perusahaan penyedia jasa layanan perawatan dan service. Bukan hanya chiller yang dapat kami tangani, Melainkan banyak elektronik lainnya Seperti : AC, Kulkas, Mesin Cuci, Freezer, Showcase dan lainnya. Dan bahkan beberapa masyarakat Surabaya dan sekitarnya telah menjadi pelanggan tetap kami. Oh ya jangan lupa ya gan bila anda menjadi pelanggan tetap kami akan mendapatkan harga spesial.

Hubungi :
CV Anugerah Teknik Abadi
JL.Wonorejo 3/120 Surabaya Telp/fax: 0315461679
Gsm : 081230032651 / 082332365558 / 083830316070 / 085731878500
Bbm : 5ED1DCF3
Whatsapp :082234555258

Service Chiller Murah !!
Service Chiller Bergaransi !!
Service Chiller Tepat Waktu !!
Service Chiller Terpercaya !!
Service Chiller Panggilan !!
Service Chiller Resmi (CV) !!

Info: Laporan Service Cuci Perawatan Barang Elektronik Anda Selalu Ter-update Di Website Kami,Bila Anda Ingin melihat jadwal rutin Ac/Barang Elektronik Anda Cukup ketik Alamat Lengkap Rumah Anda..
Atau cek di website : servicejobsreport.blogspot.co.id